Ilustrasi ponsel (Foto: Suara.com)

Sepanjang 2018, kita dimanjakan oleh berbagai pilihan smartphone dengan beragam fitur. Hal yang sama akan terjadi di tahun ini.

Nah, gimana dengan tren smartphone di 2019? Yuk disimak rangkumannya Balamuda:

Layar Bolong
Persaingan untuk menjadi yang pertama merilis ponsel layar bolong terlihat semakin seru. Desain lubang kecil di salah satu sudut layar ponsel ini dibuat untuk kepentingan kamera selfie yang lebih canggih. Seperti apa penampilannya ponsel dengan layar bolong? Kita masih menunggu hingga salah satu vendor meluncurkannya.

Peningkatan Kamera
Fotografi smartphone kian digemari. Itu sebabnya, vendor ponsel berlomba menyuguhkan kemampuan kamera terbaik dalam beberapa tahun terakhir.

Ada vendor yang meningkatkan kamera ponsel mereka dengan suntikan software, ada pula yang menambahkan kamera atau membenamkan lensa yang lebih baik.

Tak heran, semakin ke sini, kita akan melihat ukuran megapixel kamera smartphone akan lebih besar, atau bahkan jumlah kameranya sendiri yang bertambah.

Charger Lebih Cepat
Progres signifikan terlihat pada pengisian ulang bateri smartphone yang kian cepat. Beberapa pabrikan menawarkan fungsi tersebut.

Sejalan dengan tingginya mobilitas pengguna smartphone hari ini, minat konsumen bergeser untuk mencari smartphone yang dapat mengisi baterai dengan cepat.

Itu sebabnya, di 2019, tren fast charging di pasar smartphone akan semakin diminati, apalagi di kalangan pengguna smartphone yang sering di lapangan, menjadikan fitur fast charging sebagai kebutuhan dasar yang paling dicari.

Layar Lipat
Tahun 2019 diprediksi sebagai tahun kemunculan tren ponsel layar lipat. Sejumlah nama seperti Samsung dan Huawei, sejak jauh hari diketahui sudah bersiap meluncurkannya.

Persaingan akan kian sengit karena vendor lain seperti Xiaomi, Lenovo dan Oppo tak mau kalah dalam meluncurkan ponsel layar lipatnya masing-masing.

Meski demikian, sejumlah analis mengatakan tren ponsel layar lipat terlalu dini terjadi di 2019. Mereka menilai desain ponsel layar lipat masih terlalu ‘gemuk’ dan banderolnya mahal. Konsumen pun sepertinya belum tertarik menggunakan ponsel dengan desain tersebut.

Ponsel 5G
Dampak 5G mungkin masih sangat terbatas. Belum semua negara akan mencicipi generasi terbaru dari teknologi jaringan telekomunikasi ini.

Samsung dan Huawei kembali ikut bersaing menghadirkan ponsel 5G pertama. Selain keduanya, ada OnePlus, Xiaomi dan Oppo yang juga tak bisa dianggap enteng karena selalu ikut meramaikan pasar ponsel dengan teknologi terbaru, termasuk 5G nantinya. (bee)

Sumber: Detik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here