roscoradio.co.id – Tepat pada 21 Juni, para pecinta skateboard sedunia merayakan salah satu event paling berpengaruh, yaitu Go Skateboarding Day (GSD).

Go Skateboarding Day biasanya diisi dengan kegiatan kreatif seperti meluncur bersama, kompetisi, pertunjukkan musik atau dengan kegiatan sosial semacam penggalangan dana.

Hari raya para skateboarder sedunia ini Balamuda, berawal pada 21 Juni 2004 lalu. Diinisiasi oleh International Association of Skateboard Companies (IASC), GSD awalnya dibuat untuk mempromosikan skateboard agar lebih dikenal melalui berbagai acara yang diadakan di kota-kota besar di seluruh dunia, salah satunya adalah Indonesia.

Menurut Satria Vijie, salah satu profesional skateboarder Indonesia, GSD di Indonesia pertama kali dicetuskan oleh Happen Skateboarding Magz pada 2005, satu-satunya majalah skateboard tertua di asia. Kemudian pada 2006, Indonesia tercatat resmi di IASC sebagai salah satu negara yang ikut merayakan GSD dunia.

Nggak jauh berbeda dengan GSD di belahan negara manapun, GSD di Indonesia juga ingin lebih memperkenalkan skateboarding pada masyarakat Indonesia sebagai olahraga jalanan yang berkembang pesat setiap tahunnya, walau minim fasilitas dari pemerintah atau pun industri.

Minimnya fasilitas dan perhatian namun tidak menyurutkan semangat para skateboarders yang ada di Indonesia. Sejauh ini tercatat kurang lebih ada 30 sampai 40 ribu skateboarders yang aktif terdata oleh Happen Skateboarding Magazine di seluruh indonesia.

Nah, skateboarders di Surabaya harus semangat juga ngrayain hari Skateboard Sedunia. (bee)

Sumber:kumparan.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here