roscoradio.co.id – Kemarin, wilayah Lombok dan sekitarnya kembali diguncang gempa. Dengan kekuatan 7,0 SR, gempa ini punya kekuatan yang lebih besar jika dibandingkan dengan gempa yang terjadi di lokasi yang berdekatan beberapa hari yang lalu.

Gempa sendiri adalah salah satu bencana alam yang paling susah diprediksi, Balamuda. Gempa datang tiba-tiba tanpa mengenal waktu. Nggak jarang, pas gempa terjadi kita lagi ada di sekolah.

Nah, untuk kita yang emang tinggal di wilayah rawan gempa, nggak perlu panik kalau tiba-tiba terjadi gempa saat kamu lagi ada di sekolah. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa kalian lakukan untuk menyelamatkan diri saat terjadi gempa:

Jangan Panik dan Cara Jalan Keluar Yang Aman

Jika kamu ada di dalam ruangan kelas, jangan panik. Jangan langsung lari ke luar ruangan, lihat keadaan sekitar dan coba tenang sambil mengevakuasi diri ke luar. Jangan berdesakan di pintu keluar, karena bisa menghalangi orang lain yang juga ingin mengevakuasi diri.

Setelah berhasil keluar ruangan, segera cari pusat evakuasi yang ada di sekolah kamu. Biasanya tempat banyak orang berkumpul dan ada di tanah terbuka, jauh dari bangunan. Jika sudah ketemu, stay di sana sampai bantuan datang.

Jika Terjebak Di Ruangan, Berlindung di Bawah Furnitur Yang Kuat

Kalau kamu ada di dalam ruangan, dan nggak bisa keluar dengan cepat atau pintu keluar terhalang, sebaiknya nggak usah maksa. Lebih baik kamu ambil posisi sujud, lindungi kepala dan leher kamu dengan lengan kamu. Lalu cari furnitur yang sekiranya kuat, misalnya meja yang ada di kelas. Lalu berlindunglah di bawahnya sampai gempa selesai. Jangan keluar dari bawah meja sebelum gempa benar-benar berhenti.

Jangan Gunakan Lift Sekolah

Kalau sekolah kamu punya jumlah lantai yang banyak dan kamu terjebak di lantai yang cukup tinggi, tetap tenang dan dengarkan aba-aba. Misalnya, tunggu sampai alarm kebakaran berhenti, atau arahan dari guru kamu. Lalu tunggu gempanya selesai untuk menuruni tangga darurat. Jangan pernah pakai lift ya Balamuda. Bahaya banget!

Nah, setelah gempanya selesai, lihat keadaan sekitar kamu. Apakah kamu sudah aman di luar ruangan? Kalau sudah, segera cek kondisi badan kamu, apakah ada yang luka atau nggak. Dan jangan masuk kembali ke gedung yang rusak, walaupun untuk menyelamatkan korban jika kamu belum berpengalaman. Lebih baik cari bantuan karena nanti malah bisa mencelakai diri kamu sendiri.

Satu lagi nih Balamuda, tetap siapkan diri kamu untuk kemungkinan adanya gempa susulan atau tsunami. Jadi tetap siaga itu perlu banget ya Balamuda. (bee)

Sumber: Hai Grid

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here