Ilustrasi Guru Mengajar

roscoradio.co.id – Pernah nggak kepikir Balamuda bolos sekolah selama berhari-hari? Pasti nggak berani kan? Kalau lagi males, mau alasan sakit juga harus pakai surat keterangan sakit dari dokter. Belum lagi ada guru yang ketat banget sama yang namanya absensi. Jadi deh siswa rajin hehehe.

Tapi nggak hanya siswa aja loh Balamuda yang harus ketat dengan absensi. Ternyata absensipun berlaku buat para guru.

Tahun depan absensi guru akan berlaku online (daring) yang bisa dipantau pemerintah. Tujuannya agar guru wajib delapan jam mengajar di sekolah. Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan, tahun depan dan sudah akan berlaku secara nasional sistem absensi sidik jari semua guru. Apakah itu guru yang mengajar di sekolah negeri, kata dia, ataupun sekolah swasta.

Mendikbud menyatakan, melalui sistem maka Kemendikbud bisa memantau apakah guru itu bekerja delapan jam sehari atau tidak. Mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini menjelaskan, absen daring ini akan berlaku pada tahun ajaran baru.

Absensi online juga dibuat soalnya sesuai peraturan menteri bahwa kehadiran guru di sekolah terutama negeri, wajib delapan jam per hari. Menurut Mendikbud, peraturan ini sesuai dengan peraturan lima hari kerja bagi aparatur sipil negara pada umumnya.

Absensi terpusat ini, terkait dengan beban kerja guru bahwa guru harus memenuhi 24 jam seminggu tatap muka mengajar. Sudah sesuai dengan UU Guru dan Dosen kata Mendikbud. (bee)

Sumber: Okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here