ARTAP Café and Art Gallery (Foto by ARTAP)

roscoradio.co.id – Bisnis kuliner sedang marak di Surabaya. Nggak hanya memfasilitasi kebutuhan keluarga dan pebisnis saja, tapi juga untuk anak muda Surabaya.

Nggak sulit lagi yah nyari tempat buat nongkrong asik bareng teman-teman. Salah satunya nih Balamuda café yang ada di sisi Timur Surabaya. Tepatnya di kawasan MERR Surabaya.

Yups, ARTAP Café and Art Gallery, yang ada di Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No.34, Kalijudan, Surabaya jadi satu referensi Balamuda Surabaya. Emang baru September 2018 berdirinya, tapi berani bersaing dengan bisnis cafe dan kuliner lainnya yang ada di sekitar Surabaya Timur.

Kenapa Balamuda Surabaya harus ke ARTAP Café and Art Gallery? Menurut founder sekaligus owner ARTAP Café and Art Gallery, Erwin Sukamto, dengan konsepnya Bites, Vibes ,Art, kena banget buat Balamuda Surabaya. terbukti dari definisi Bites yang bermakna tempat buat nongkrong sambil ngemil ataupun makan ala-ala dinner bareng pacar.

Foto by ARTAP

Sementara Vibes menjadi daya tarik utama, karena bermanka suasana café yang nyaman,asik buat ngobrol sambil tetap bisa update status medsos dan berselancar di dunia maya, alias free wifi. Udah gitu ditemani lagu-lagu yang nggak kalah nge-hits.

Nah, untuk Art, menjadi bagian dari galeri yang saat ini menurut Erwin masih dalam tahap mengumpulkan karya anak muda Surabaya.

“Art masih dalam tahap inkubasi. Akan ada galeri, sekarang lagi ngumpulin karya seni anak-anak muda Surabaya, seperti dari Instagram. Nanti akan dikurasi, dipajang lalu akan dijual lagi, ungkap Erwin.

Lokasi yang dekat dengan universitas-universitas besar Surabaya seperti Airlangga dan ITS juga menjadi modal buat narik anak muda Surabaya buat abisin jam sepulang kuliah sekalian bisa ngerjain tugas juga.

Foto: ARTAP

Adapun menu favorit di ARTAP Café and Art Gallery, mulai dari ARTAP Fried Rice, sampai Japanese Hambaguu yang jadi menu andalan. Tidak ketinggalan minuman yang segar seperti ARTAP Signature, ART Tower, sampai Lemon Purple Grape.

Saat kru Rosco Radio berkunjung ke ARTAP Café and Art Gallery, owner ARTAP Erwin Sukamto selain memperkenalkan ARTAP Café and Art Gallery, juga berbagai tips suksesnya berbisnis kuliner bersama Hansel Harsono yang jadi rekan bisnisnya. Yuk kepo-in apa aja tips dari pria yang menjadi entrepreneur ini dengan rela meninggalkan zona nyamannya bekerja di bidang arsitektur. Di Singapura lagi!

Owner ARTAP Erwin Sukamto (kiri bareng Kru Roscoradio (Foto: Ghari Panggita)

“Tips bisnis berdasarkan pengalaman saya, yang pertama: Terjun Bebas! Woohooo… awas jatuh lho. Eeittss… jangan salah artikan dulu. Meski berbekal terjun bebas, Erwin tetap memiliki konsep dan rencana yang matang ketika memulai bisnis cafe.

“Yang kedua, cari kolaborator, karena zaman now, sulit berjuang sendiri, “tambahnya.

Erwin nggak memungkiri ngrasain capek berat ketika memulai bisnisnya. Kebayang kan Balamuda, udah hidup enak dan kerja di Singapura, eehh balik lagi ke Surabaya buat merintis usaha dari bawah. Tapi baginya, ARTAP Café and Art Gallery adalah MIMPI yang jadi kenyataan! (bee)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here