Bruno Mars (Foto: Billboard)

roscoradio.co.id – Penyanyi Amerika Serikat, Bruno Mars, terkejut ketika mengetahui beberapa karyanya masuk ke dalam daftar lagu yang dibatasi pemutarannya di salah satu provinsi di Indonesia. Lagu-lagunya dianggap bermuatan konten dewasa oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat.

Bruno Mars pertama kali mengetahui kabar tersebut setelah melihat artikel dari majalah Time di Twitter. Ia kemudian mengungkapkan ekspresi kagetnya dengan menuliskan sederet kalimat bernada sindiran untuk pihak yang membatasi pemutaran lagunya.

“Apa-apaan ini! Aku jadi disoroti di Indonesia! Ada pula @edsheeran yang muncul dengan lirik lagunya yang ‘sakit’ dan mesum, membuat kondisi kita semua jadi terjepit! Terima kasih, Ed. Terima kasih banyak,” tulisnya di Twitter.

Dalam cuitan selanjutnya, pelantun Grenade itu kembali menyindir KPID Jawa Barat dengan menyinggung salah satu lirik lagu Ed Sheeran yang dianggap mesum.

“I’m in love with the shape of you? Yang benar @edsheeran? Kamu monster! Dan jangan bikin aku mulai dengerin Thinking Out Loud. Kamu enggak punya malu?” katanya.

Pemilik nama lengkap Peter Gene Hernandez tersebut kemudian meminta agar orang-orang Indonesia tidak hanya menyoroti karyanya yang berbau konten dewasa saja. Sebab, selama ini dia juga sering menciptakan lagu-lagu lain yang indah tanpa ada unsur erotisme di dalamnya.

“Dear Indonesia, aku sudah memberikan banyak lagu hit seperti Nothing On You, Just The Way You Are, dan Treasure. Jangan ganggu aku dengan isu penyimpangan seksual itu,” ungkap Mars.

Belum lama ini, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jawa Barat (Jabar) mengeluarkan surat edaran tentang pembatasan lagu berbahasa Inggris yang diputar di lembaga-lembaga penyiaran. Aturan tersebut ditujukan untuk lembaga penyiaran di wilayah Jabar.

Setidaknya ada sekitar 17 lagu yang dibatasi karena dianggap melanggar norma kesopanan dan kesusilaan. Lagu-lagu itu hanya boleh diputar pada malam hari pada pukul 10 malam hingga 3 pagi.

Beberapa lagu yang dibatasi oleh KPID Jawa Barat antara lain adalah Versace On The Floor dan That’s What I Like milik Bruno Mars, Shape of You milik Ed Sheeran, Dusk Till Dawn milik Zayn Malik, hingga Overdose yang dilantunkan oleh Agnez Mo bersama Chris Brown.

Daerah Jawa Barat (Jabar) mengeluarkan surat edaran tentang pembatasan lagu berbahasa Inggris yang diputar di lembaga-lembaga penyiaran. Aturan ini diperuntukkan bagi lembaga penyiaran di wilayah layanan Jabar.

Surat edaran pembatasan lagu itu ditandatangani Ketua KPID Jabar Dedeh Fardiah sejak 18 Februari lalu. (bee)

Sumber: Line Today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here