Mendikbud Muhadjir Effendi (Foto: Merdeka.com)

roscoradio.co.id –Berbagai peristiwa alam seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi sampai tsunami melanda Indonesia di sepanjang tahun 2018. Banyak korban berjatuhan dari bencana ini, khususnya bencana tsunami Lombok, Palu, dan Donggala. Disusul tsunami Banten yang belum lama terjadi.

Untuk mengantisipasi banyaknya korban berjatuhan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menambahkan pendidikan mitigasi bencana ke dalam kurikulum.

Nggak hanya pendidikan mitigasi bencana, Kemendikbud juga menambahkan dasar-dasar keterampilan hidup atau basic life skills kepada siswa. Nantinya bakal ada 5 paket modul yang disiapin Kemendikbud, yaitu bahaya narkoba, menangkal radikalisme, kesadaran hukum berlalu lintas, pendidikan antikorupsi, dan pendidikan mitigasi bencana.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menegaskan pendidikan mitigasi bencana ini bukan dijadikan sebagai mata pelajaran khusus, tapi satu paket di dalam PPK (Penguatan Pendidikan Karakter).

Kemendikbud juga bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam menyusun modul dan memberikan pelatihan kecakapan hidup. (bee)

Sumber: Hai Grid

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here