Ilustrasi IG Stories

roscoradio.co.id – Sekitar satu miliar orang menggunakan layanan berbagi konten visual Instagram setiap harinya. Dalam conference call laporan keuangan kuartal-IV 2018, Mark Zuckerberg, CEO Facebok selaku perusahaan induk Instagram, mengumumkan bahwa ternyata setengah dari angka pengguna harian itu aktif membagikan foto dan video pendek melalui fitur Instagram Stories. Jumlah 500 juta meningkat signifikan dari Juni 2018, saat pengguna aktif harian Instagram Stories berkisar 400 jutaan.

Tak heran jika iklan semakin sering ditemui di sela konten Stories. Soalnya, iklan selalu mengikuti ke mana mata masyarakat mengonsumsi informasi. Facebook sesumbar lebih dari dua juta pengiklan mengandalkan Instagram Stories untuk mempromosikan produk dan jasa mereka. Pencapaian ini tentu membanggakan bagi Facebook sebagai induk perusahaan Instagram. Apalagi jika mengingat kembali bahwa Instagram Stories dilahirkan dalam situasi riskan pada 2016 lalu.

Kala itu, konsep konten foto dan video singkat ala Instagram Stories sudah lebih dulu diimplementasikan Snapchat dan sukses di pasaran. Dengan kata lain, Instagram Stories hadir sebagai pengikut dari layanan yang terbilang populer.

Khusus untuk Instagram Stories, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan ingin memberikan opsi pembagian privasi yang baru bagi pengguna. Belum didetailkan seperti apa mekanisme tersebut dan apa bedanya dengan “close friends”. Beberapa hal lainnya adalah ekspansi layanan pembayaran WhatsApp ke lebih banyak negara, fitur baru untuk memudahkan transaksi jual-beli online di Instagram, pengembangan Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) yang lebih serius, dan sebagainya. (bee)

Sumber: Kompas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here