Ilustrasi ujian menggunakan smartphone

roscoradio.co.id – Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat SMA di Jawa Timur akan beralih menggunakan smartphone alias ponsel.

Kepastian tersebut diungkapkan Kabid Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Jatim, Ety Prawesti. Dia mengatakan, USBN bisa dikerjakan menggunakan smartphone mulai 2019 ini.

Dinas Pendidikan Jatim baru akan mensosialisasikan hal ini untuk SMA-SMA di Jatim mulai pekan depan.

“Penggunaan smartphone ini opsi saja, disesuaikan jika memang komputer atau laptopnya kurang,”.

Penggunaan ponsel, lanjutnya dipastikan tidak akan mengalami kebocoran meskipun smartphone merupakan milik siswa. Pasalnya meskipun tidak perlu dikarantina seperti laptop siswa, USBN menggunakan ponsel menggunakan sistem yang dirancang agar mengunci penggunaan aplikasi lain di handphone.

“Banyak banyak yang belum paham, takutnya bocor. Padahal tidak, karena saat sudah buka aplikasinya tidak bisa membuka aplikasi lain di gadget. Jadi sambil mengerjakan terus buka whatsapp atau google tidak bisa, kalau keluar aplikasi ujian ya dianggap selesai,”urainya

Iapun berharap penggunaan smartphone ini bisa mengurangi banyaknya sesi dalam ujian yang mencapai 16 mapel. Sehingga jam ujian tidak selesai terlalu malam karena banyaknya sesi ujian. (bee)

Sumber: surabaya.tribunnews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here