Ilustrasi mendengarkan musik (Foto: Liputan6.com)

roscoradio.co.id – Menggunakan headset, headphone, earphone, handsfree, atau perangkat elektronik lain untuk pendengaran sudah jadi kebiasaan kaum milenial. Daripada bengong di jalan, banyak orang yang memilih mendengarkan musik selama di perjalanan dengan perangkat tersebut.

Tapi, yang perlu diketahui nih Balamuda, jangan sampai kelamaan pakai headsetnya. Dan lagi pas dengerin musik ada batasan volumenya.

Soalnya kalau kelamaan dengerin musik pakai headset dengan volume keras, dapat menimbulkan penyakit atau gangguan pendengaran akibat bising (GPAB).

Dilansir dari Tempo, dokter spesialis THT, bedah kepala dan leher Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta, Hably Warganegara mengatakan penyakit GPAB berupa penurunan pendengaran akibat telinga yang terpajan bising dalam jangka waktu lama dan terus menerus. “Bising keras atau di atas 85 desibel dapat menyebabkan reseptor pendengaran di organ corti yang terletak di telinga tengah. Umumnya ini terjadi kepada orang yang terlalu sering menggunakan headset,” katanya.

Oleh karena itu, ia menggalakkan kampanye yang telah terlebih dahulu diinisiasi oleh Organisasi Kesehatan Dunia, yaitu make listening safe 60:60. Ini berarti, menggunakan headset hanya diperbolehkan selama 60 menit dengan volume suara 60 persen.

“Kalau handphone-nya canggih, akan ada peringatan warna merah jika melebihi 60 persen. Coba taati itu untuk menghindari GPAB dini,” katanya. (bee)

Sumber: Tempo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here