Radio Bekupon di Jl. Kombes Pol M.Duryat (Foto: HoS)

roscoradio.co.id – Belum lengkap rasanya sebagai Balamuda setia pendengar radio kalau belum tahu sejarah radio di Indonesia.

Di Surabaya sendiri radio sangat berperan lho Balamuda di masa perjuangan dulu. Dengan semangat mempertahankan Indonesia merdeka, Bung Tomo bergerilya melalui radio perjuangan yang dikenal dengan julukan Radio Pemberontakan. Bekerjasama dengan RRI Surabaya, gelora nasionalisme yang disiarkan tiap rabu dan minggu malam berhasil mengobarkan semangat arek Suroboyo untuk berani melawan penjajah

Biar lebih paham soal sejarah radio di Surabaya, ada satu program tematik tur Surabaya Heritage Track (SHT) ‘Surabaya Heritage.FM’ yang diadakan selama tanggal 02 April – 02 Mei 2018, mengajak masyarakat untuk mendengarkan sejarah dan dinamika radio di kota Surabaya dengan mengunjungi tempat bersejarah yang terkait, salah satunya gedung Radio Republik Indonesia (RRI) Surabaya di Jalan Pemuda 82-90 Surabaya dan Radio Bekupon yang terletak di Jalan Kombes Pol M.Duryat.

Gedung RRI di Surabaya memegang peranan yang sangat vital dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Di gedung ini pernah terjadi pertempuran antara tentara Gurkha dan arek Suroboyo pada 28 Oktober 1945. Hal ini bahkan mengakibatkan gedung RRI di bakar oleh arek Suroboyo sebagai perlawanan terhadap sekutu. Untuk mengenang pertempuran yang pernah terjadi di gedung ini, maka dibuatkan tugu yang berada di depan gedung RRI.

Sementara radio Bekupon yang berlokasi di Jalan Kombes Pol M.Duryat, menjadi saksi bisu dalam mengobarkan semangat arek Suroboyo ketika melawan sekutu, yang dulunya terdapat di tiap-tiap kampung di Surabaya. Bentuk radio itu sendiri menyerupai kandang burung dara (bekupon). Di masa revolusi, bung tomo menggunakan radio bekupon sebagai pemancar untuk mengkoordinir gerakan massa rakyat.

Tur Tematik “Surabaya Heritage.FM” berlangsung tiap Selasa s.d Kamis, mulai 2 April sampai 2 Mei 2019 jam 10.00-11.30 WIB. (bee)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here