Ilustrasi Selfie (Foto: Fox 29)

roscoradio.co.id – Hati-hati buat Balamuda yang punya hobi selfie. Soalnya dokter dari seluruh dunia memperingatkan orang-orang tentang kondisi medis terbaru yang dapat menimpa siapapun akibat ponsel. Hal ini disebut “Selfie wrist”.

Menurut Dr. Levi Harrison, seorang dokter dari San Francisco, penyakit ini masih terus berkembang. Selfie wrist adalah jenis sindrom carpal tunnel yang ditandai dengan rasa sakit yang tajam atau sensasi kesemutan di pergelangan tangan, lengan bawah, dan ibu jari serta jari manis. Nyeri dapat meluas sampai ke lengan pada kasus yang ekstrem.

Hal ini disebabkan karena tangan yang kelelahan akibat selfie secara berlebihan. Sakit yang terus menerus ini akan menyebabkan saraf sakit hingga parahnya bisa menyebabkan mati rasa. Untuk jangka panjang pun dapat merusak saraf, menyebabkan kelemahan otot dan akhirnya atrofi otot pada ibu jari.

Diagnosis akan penyakit ini masih terus dikembangkan. Irish Medical Journal telah menerbitkan 4 kasus di mana selfie menyebabkan pergelangan tangan terluka atau patah. Menurut Statista, 62% dari semua orang Amerika suka melakukan selfie. Banyak kan?

Akibat dari selfie pun banyak. Menurut sebuah penelitian di National Institutes of Health, 259 kematian terjadi disebabkan oleh selfie antara 2011 hingga November 2017 di seluruh dunia. India menjadi tempat paling berisiko untuk mengambil selfie, diikuti oleh Rusia, Amerika Serikat, dan kemudian Pakistan. (bee)

Sumber: provoke

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here