Ariel Noah ( Foto: Medcom.id)

roscoradio.co.id – Di masa sekarang, rilisan musik fisik seperti CD memang kalah saing dengan layanan streaming yang makin banyak peminatnya.

Meski begitu, para musisi tetap membuat rilisan CD untuk penghasilan tambahan mereka, dan untuk memuaskan para penggemar yang hobi mendengarkan atau mengoleksi rilisan fisik.

Namun, nggak jarang para musisi tersebut malah mendapat protes dari orang-orang karena harga rilisan fisik yang dianggap mahal, dibanding jika mendengarkan lewat layanan streaming, atau membeli CD bajakan.

Hal ini dialami oleh banyak band dan musisi, termasuk band Indonesia, NOAH.

Sejumlah netizen meminta agar harga CD band NOAH dijual murah. Mereka menilai harga CD asli mahal, sehingga nggak heran kalau banyak yang membeli bajakan.

Sang vokalis, Nazril Irham atau yang lebih populer disapa Ariel (37) memberikan tanggapan atas permintaan netizen tersebut. Menurut Ariel, nggak mudah menjual sebuah karya dengan harga yang murah.

Katanya bisa saja menurunkan kualitas cd dan cover sehingga lebih murah, tapi tetap semurah-murahnya CD dari musisi, akan lebih murah CD bajakan. Soalnya pembajak nggak perlu bayar pajak atas distribusi kaset fisik.

Sedangkan pihak label yang memproduksi secara resmi harus membayar pajak.

Bahkan lanjut Ariel, untuk para platform musik digital resmi seperti Joox, Spotify, iTunes, dan lainnya juga harus bayar pajak.

Beda banget sama download gratisan. Jadi kalau masalah saingan harga, kalau yang gak bayar pajak ya pasti lebih murah.

Jadi, wajar kan kalau harga CD seperti yang ada sekarang ini. (bee)

Sumber: Hai Grid

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here