Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho (kiri) tunjukkan aplikasi Jogo Suroboyo (Foto: Beatrix Christiana)

roscoradio.co.id – Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya ternyata nggak mau kalah update soal teknologi. Ini terbukti dengan diluncurkannya sebuah aplikasi online berbasis android bernama Jogo Suroboyo.

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho mengatakan aplikasi Jogo Suroboyo merupakan aplikasi yang dibuat Polrestabes Surabaya untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, termasuk milenial Surabaya lho

Ada tiga layanan utama dalam aplikasi itu, yaitu sarana pengaduan, layanan kepolisian meliputi pembuatan laporan kehilangan, pembuatan SKCK, pembuatan SIM secara online dan ketiga adalah informasi kepolisian terkait traffic dan kegiatan masyarakat lainnya.

Kapolrestabes juga menambahkan, terkait pengaduan, ada pengaduan secara sms, telepon, dan ada juga menggunakan panic button. Nantinya pihak Kepolisian akan memverifikasi kebenaran laporan dan aduan dari masyarakat terkait gangguan kamtibmas yang dialami masyarakat.

“Mekanismenya setelah nantinya menggunakan panic button ketika dalam gangguan kemanan di lapangan, maka akan terhubung dengan command center, dan command center akan menghubungi balik ke masyarakat yang mengalami gangguan dan akan diverifikasi benar ga laporannya, “jelas Kapolrestabes.

Selain itu bisa diketahui juga posisinya ada dimana, karena laporan juga terhubung dengan GPS dimana dia berada sekaligus juga akan dipantau posisi petugas terdekat.

“Hal ketiga, ada informasi kepolisian dimana informasi Surabaya ini yang tidak lepas dari kemacetan, tidak lepas dari aneka kegiatan masyarakat, unjuk ras dan lain sebagainya, maka masyarakat bisa melihat informasi tersebut dalam informasi kepolisian, sehingga bisa mengantispasi mana jalan yang tidak macet, ada unjuk rasa dan sebagainya, “tambah Sandi.

Jadi, kalau Balamuda menemukan hal-hal yang menganggu Balamuda dalam bidang keamanan dan ketertiban sekitar boleh melapor melalui aplikasi Jogo Suroboyo.

Tapi jangan pas diputusin pacar atau lagi bertengkar sama gebetan terus langsung tekan panic botton ya. Ingat, gunakan aplikasi ini untuk kebaikan bersama. (bee)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here